Tips over kredit agar tidak rugi

tips over kredit Agar Tidak merugi, Ketahui Apa Itu Over Kredit/take over Rumah
Anda pasti kerap mendengar istilah tesebut. Istilah ini tidak hanya digunakan untuk kredit kendaraan, tetapi juga rumah. Sayangnya,transaksi rumah tesebut terkadang menimbulkan masalah akibat pihak yang memberi dan menerima oper kredit tidak mengetahui proses yang tepat. Bagaimana aturan main  yang sebenarnya?

Tips Over Kredit agar tidak rugi dalam melakukan transaksi

Banyak orang mengira bahwa melaksanakan  over kreadit rumah cukup hanya dengan memberikan kwitansi lunas pada penerima kredit. Namun, hal ini sangatlah tidak cukup karena pihak bank yang mempunyai jaminan atas tanah perlu dilibatkan. Berikut ini cara oper kredit  hunian, terutama rumah KPR.

over kreadit rumah

1. Proses over kredit melalui bank

Proses  melalui bank merupakan cara resmi yang harus Anda lakukan agar timbul masalah di kemudian hari. Kebanyakan orang tidak memberitahu bank tentang oper kredit sehingga bank tidak mau memberikan sertifikat tanah pada penerima operan kredit. Hal ini tentu saja sangat merugikan karena hak kepemilikan tanah masih pada debitur sebelumnya.

Berikut cara take over melalui bank:
– Kedua pihak mendatangi bank untuk mengajukan take over.
– Debitur baru mengajukan permohonan untuk ambil kredit.
– Jika disetujui oleh bank, maka debitur baru akan menandatangani perjanjian kredit baru lengkap dengan akta jual beli dan jaminan.

Melalui proses ini, sertifikat akan beralih ke debitur baru sehingga debitur lama tidak lagi mempunyai hak atas rumah tersebut. Proses ini juga memudahkan Anda untuk mengangsur secara rutin ke bank.

2. Mengoper hak tanah melalui notaris

Selain melalui bank, Anda juga bisa menggunakan jasa notaris untuk proses tersebut. Penjual dan pembeli mendatangi notaris dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan. Notaris kemudian akan membuat akta pengikatan jual beli lengkap dengan surat kuasa untuk melunasi angsuran bulanan. Selanjutnya, penjual akan menandatangani surat pemberitahuan perihal peralihan hak tanah.

Setelah akta jual beli selesai, kedua belah pihak mendatangi bank untuk menyampaikan akta-akta tersebut. Sayangnya, nama yang tercantum pada sertifikat tanah adalah nama penjual sehingga pembeli mengangsur atas nama penjual.

info mengenai rumah dijual dicitayam

perumahan rumah dijual citayam , rumah dijual dibawah harga 150juta